Selasa, 07 Juni 2011

, ,

8 Benda Temuan Zhuge Liang Semasa Hidupnya

Sedkit tentang Zhuge Liang
Zhuge Liang (Hanzi: 诸葛亮) (181–234 AD) adalah ahli strategi militer Tiongkok yang terkenal pada periode Tiga Kerajaan (220–280 AD). Ia menjabat sebagai perdana menteri Shu Han dengan kaisarnya bernama Liu Bei. Ia bernama lengkap Zhuge Kongming dan nama julukan Wòlóng, juga dikenal sebagai Cukat Liang atau Kong Beng di kalangan Tionghoa Indonesia. Ia adalah salah satu tokoh sentral di balik berdirinya Tiga Kerajaan.

Ia mengikuti Liu Bei setelah Liu Bei dan kedua adik angkatnya membuat tiga kunjungan untuk menjemputnya menjadi ahli strategi negeri Shu. Terharu dengan keikhlasan dan kemurnian hati Liu Bei yang menangis karena mengenangkan nasib rakyat di zaman peperangan itu, maka ia menghambakan diri kepada Liu Bei. Nasihat pertama yang diberikannya secara pribadi kepada Liu Bei adalah "Longzhong Plan", yaitu tentang pendirian tiga negara besar di tanah Tiongkok, yaitu Wei, Wu dan Shu. Nasihat pertama Zhuge Liang ini menjadi kenyataan setelah beberapa tahun membantu Liu Bei di dalam peperangan untuk menegakkan Dinasti Han yang telah rapuh.

Zhuge Liang adalah seorang ahli strategi dan advisor dari Shu, dia sering dipanggil ”Sleeping Dragon” atau Naga Tidur. Dia jenius dalam banyak urusan, baik itu domestik dan urusan ke luar.

Setelah Liu Bei wafat, Liu Bei mengamanatkan padanya untuk memulihkan kembali kekuasaan Dinasti Han dan ’mengambil’ alih kekuasaan kalau-kalau anak Liu Bei, Liu Chan, tidak becus dalam menjalankan negara. Walaupun Liu Chan terbukti tidak cakap, Zhuge Liang masih menghargainya sebagai kaisarnya.



beberapa ilustrasi zuhge Liang




patungnya zhuge liang




penenumanya Zhuge Liang


1.Repeating Crossbow




Repeating Crossbow adalah salah satu temuan Zhuge Liang dalam hal militer science.
Secara umum, panah hanya dapat menembakan anak panah sekali. Namun Repeating Crossbow ini dapat menembak berulang-ulang sampai 10 kali dan ada dari sumber lan yang mengatakan bahwa Repeating Crossbow ini dapat menembakan 10 anak panah sekaligus.
Ketika di tembakan secara horizontal, jarak jangkauannya adalah 50 meter, dan sangat kuat sekali kekuatannya. Anak panah pada crossbow di atur secara berurutan pada arrow box, seperti peluru pistol modern. Senjata mematikan ini sangat bagus.



2.Battle Array of the Eight Diagrams




Menurut data sejarah, Zhuge Liang menciptakan semacam barisan-barisan pasukan yang berkekuatan magic, dan dinamakan Battle Array of the Eight Diagrams. Pasukan diatur menjadi 8 bentuk diagrams, dan mampu berubah-ubah bentuknya. Taktik ini telah terbukti kekuatannya yaitu dapat mengalahkan 100.000 pasukan Wu. Tapi sekarang taktik ini sudah hilang, hanya dalam bentuk gambar, dan tidak ada orang yang tahu maksud dan metode taktik ini.


3.Kong Ming Chess






Demi untuk menghilangkan bad mood dari pasukan, maka Zhuge Liang menemukan semacam permainan catur yang dinamai Kong Ming Chess. Peraturan permainan ini simple, dan hanya permainan intelektual.


4.Kong Ming Lamp




Kong Ming Lamp adalah alat untuk menyampaikan informasi yang ditemukan oleh Zhuge Liang yang dapat terbang ke udara, dengan memakai prinsip hot-air baloon. Jadi Zhuge Liang adalah orang pertama di dunia yang menemukan prinsip hot-air baloon. Kong Ming Lamp telah menyebar sekarang, dan biasanya digunakan oleh masyarakat modern untuk meminta berkat dan doa dengan menuliskan harapannya di Kong Ming Lamp, dan menerbangkannya sebagai simbol kebahagiaan, keuntungan, dan keberhasilan.


5.Wooden Ox






Wooden OX adalah alat transportasi yang ajaib temuan Zhuge Liang. Wooden Ox mampu menyelesaikan masalah pengangkutan suplai makanan untuk pasukan. Berdasarkan data sejarah, bentuknya seperti seekor kerbau, dan terbuat dari kayu, dan tali yang melingkar dari mulut kerbau sampai ke kaki. Wooden Ox menggunakan tenaga manusia untuk mendorongnya. Ada dari sumber lain mengatakan bahwa Wooden Ox mampu berjalan sendiri tanpa energi.


6.The Assault Vehicle






Merupakan senjata pendobrak yang besar, dan digunakan untuk mendobrak gerbang kota musuh.


7.Kong Ming Lock






Zhuge Liang menemukan teknologi ajaib yang terbuat dari potongan-potongan kayu, di waktu itu metode ini digunakan untuk bangunan –bangunan China sebagai pondasi yang kuat. Setelah itu teknologi ini menjadi semacam mainan yang disebut Kong Ming Lock. Kong Ming Lock adalah mainan tradisional china, bentuknya seperti mainan cube, tapi ini adalah balok-balok kayu yang menempel, dan sangat susah untuk dibongkar dan juga memasang kembali.


8.Chinese Steamed Bun






Ya benar ini adalah roti mantau seperti yang kita kenal sekarang. Dan sekarang menjadi makanan pokok di China sampai sekarang. Zhuge Liang selain pintar berstrategi juga pintar memasak. Roti mantau ini pernah digunakan untuk taktik dengan Meng Huo.

0 komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...